header-int

Tips Memilih Sekolah, SMA, SMK, Atau Pesantren?

Sabtu, 23 Mei 2020, 06:24:12 WIB - 107 View
Share
Tips Memilih Sekolah, SMA, SMK, Atau Pesantren?

Cibadak, 23 Mei 2020. Sudah siap melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi? Harus siap. Masih bingung menentukan pilihan antara SMA, SMK, atau pesantren? Berikut ini ada beberapa tips memilih sekolah yang tepat untuk kalian lulusan SMP, anak-anak terbaik bangsa, harus juga mendapat pendidikan terbaik. Seperti TagLine PPDB 2020 “Semua Anak Bisa Sekolah, Semua Anak Bisa Juara”. Jangan sampai salah menentukan pilihan ya…

Melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi tentu membutuhkan kematangan pemikiran untuk menentukan pilihan, kenapa? Karena tentu saja pilihan kita saat ini akan memengaruhi masa depan kita kelak, mau dibawa kemana nih diri kita nanti, mau jadi siapa dan jadi apa. Tahun-tahun sebelumnya, memang PPDB di beberapa SMA/SMK/Pesantren sudah dilakukan secara online, namun tahun ini lebih istimewa, covid-19 telah berdampak pada PPDB tahun ini, dan hasilnya semua SMA/SMA melakukan PPDB secara online dan serentak melalui aplikasi sekolah masing-masing, ditambah dengan pemakaian akun pribadi siswa SMP yang digunakan sekolah yang dituju untuk menilai apakah siswa yang mendaftar layak atau tidak menjadi siswa baru di sekolah mereka. Oleh karena itu, untuk memudahkan proses pendaftaran, tentukan pilihan kalian dulu sebelum nanti klik tombol nama sekolah dan send data pendaftarannya.

Tips memilih sekolah yang baik dan benar:

  1. Memahami jurusan yang ada di SMA atau di SMK, kalau memilih SMA, kalian tidak akan menemukan yang namanya jurusan tata boga, tata rias, administrasi, periklanan, mesin, atau yang lainnya, yang ada adalah jurusan IPA, IPS, atau bahasa.

Untuk pilihan SMA, kalian akan lebih dicondongkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, karena lulusan SMA secara umum belum memiliki keterampilan untuk langsung terjun ke dunia usaha dan pekerjaan. Sedangkan untuk pilihan SMK ada beberapa kelebihan yang akan kalian dapatkan, seperti: lebih banyak jurusan, lebih banyak pengalaman, bisa langsung bekerja, atau juga bisa membuka usaha sendiri.

  1. Mengenal berbagai SMA dan SMK yang berada di sekitar rumah, apalagi kalau yang akan mendaftar melalui sistem zonasi, karena jarak adalah patokan yang akan dipakai SMA/SMK tujuan dalam menentukan siswa yang akan lolos.
  2. Tahun ini tidak ada nilai SKHUN, yang akan dipakai adalah nilai rapot dari semseter 1-5, maka perhitungkan dan pertimbangkan apakah kalian akan mendaftar melalui jalur prestasi, zonasi, afirmasi atau jalur kepindahan orang tua (khusus bagi yang orang tuanya mengalami pemindahan tugas), atau juga jalur anak guru dan pengawas yang poin nya disatukan dengan jalur pemindahan orang tua.

Kalau kalian memutuskan akan melalui jalur prestasi, usahakan SMA/SMK yang dituju tepat dengan prestasi yang kalian miliki, tidak terlalu banyak saingan, dan tetap, jarak juga bisa menjadi salah satu pertimbangan. Sekolah akan membantu siswa-siswa yang membutuhkan sertifikat baik akademik maupun non akademik sebagai bukti prestasi kalian selama di sekolah.

  1. Memilih SMA/SMK yang sesuai bakat serta kebutuhan kalian di masa depan. Sebagai salah satu bahan pertimbangan adalah pilihlah SMA/SMK yang memiliki banyak ekstrakulikuler, serta memiliki track record yang baik dalam mengantarkan lulusannya ke perguruan tinggi-perguruan tinggi favorit.

Kenali diri sendiri, bakat dan minat apa yang kita miliki lalu sesuaikan dengan sekolah yang kita pilih untuk melanjutkan pendidikan. Sejatinya pendidikan itu adalah usaha sadar dalam memperoleh ilmu, dan ilmu akan lebih mudah masuk kalau kita menerimanya dengan penuh keikhlasan dan hati yang bahagia.

  1. Meminta saran dari orang tua, meskipun kita yang akan menjalani, tapi tetap saran dari orang tua sangat penting, karena tentu saja mereka memiliki pengalaman yang lebih banyak, dan bisa dijadikan panduan dalam memilih sekolah yang baik dan benar. Dan tentu saja, ridho orang tua akan memudahkan prosesnya kelak.
  2. Melihat kondisi keuangan orang tua, sesuaikan kondisi keuangan orang tua kita dengan biaya pendidikan di sekolah yang akan kita tuju. Bukan Cuma untuk sehari atau dua hari, tapi kita akan menempuh pendidikan selama 3 tahun, maka jarak rumah dengan lokasi sekolah juga bisa dijadikan salah satu acuan untuk memilih sekolah yang akan dituju. Dan oleh karena itulah meminta saran orang tua menjadi bertambah penting.
  3. Untuk yang ingin melanjutkan ke pesantren (sepertinya yang sekarang agak trend di kalangan remaja), jangan sampai kalian salah kaprah, karena menghindari belajar di SMA/SMK, kalian memilih pesantren tanpa ada sekolah reguler. Pilihlah pesantren yang tetap memfasilitasi sekolah reguler, atau yang masih memberi waktu untuk bersekolah di luar pesantren, agar kalian tetap bisa mendapatkan ijazah SMA/SMK. Ijazah akan membantu kelancaran kerja kalian di masa depan, dan proses belajarnya akan membentuk pola pikir dan menambah wawasan.
  4. Terakhir, setelah semua usaha kita lakukan secara optimal, barengi semua usaha kita dengan Do’a. Pasrahkan semua yang akan terjadi, sekolah manapun yang akan menerima kita kepada Allah SWT. Dia lah Maha Penggenggam Segala Sesuatu. Manusia wajib berusaha, tapi Dia lah yang menentukan.

Semoga Tips ini bermanfaat, selamat memilih. Ingat, pilihan kita menentukan masa depan kita. Semua anak bisa belajar, semua anak bisa jadi juara.

 

By: Riony Rahayu, S.Pd.M.M.Pd ( Wali Kelas Kelas 9E SMPN 3 Cibadak)

 

 

Unidha SMP Negeri 3 Cibadak adalah salah satu sekolah negeri yang ada di kecamatan Cibadak yang berdiri sejak tahun 1999 yang asalnya merupakan sekolah kelas jauh dari SMPN 1 Cibadak. Lokasi dan gedungnya merupkan hibah dari STM Pertanian (SMKN 1 Cibadak)
Copyright © 2016 - 2020 © SMPN 3 Cibadak Citaidola. All Rights Reserved. Alamat : Jl. Raya Karang Tengah No. 691 Kec. Cibadak, Alamat Email: info@smpn3cbd-citaidola.sch.id , Nomor Telp (0266) 531115; 531536 Nomor Fax :(0266) 531536 Nomor HP Sekolah : 085721571761. Follow SMPN 3 Cita Idola : Facebook Twitter Linked Youtube