header-int

PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DI SAAT PANDEMI COVID 19

Selasa, 18 Agu 2020, 07:10:40 WIB - 71 View
Share
PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DI SAAT PANDEMI COVID 19

Bismillaahirrohmaanirrohim 

Allah Subhanahu Wataala menciptakan manusia hanyalah untuk beribadah kepadaNya  Allah Subhanahu Wataala memberikan hidup kepada manusia  ternyata merupakan sebuah ujian, yang mana ujian ini untuk mengukur sebuah keimanan manusia. Manusia diuji oleh Allah subhanahu wataala  ada yang di uji  melalui kekayaannya, ada yang melalui kemiskinannya, ada yang melalui ilmunya, ada yang melalui kebodohannya, dan ada yang melalui  ujian  dengan kesempurnaan bentuk tubuh bahkan ada yang di uji melalui kekuranga dalam bentuk tubuhnya  itu semua ujian tergantung kita dapat menyikapinya dengan rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wataala.Allah ciptakan semua ini agar manusia mampu untuk bersabar dan bersyukur serta menjadi ibadah kepadaNya.

            Seperti halnya kita sekarang  semua manusia di dunia  sedang di uji  dengan sebuah penyakit yang sangat kecil yang  berukuran nano meter tetapi bisa mengguncangkan dunia semuanya merasa takut   yaitu covid-19. Masya Allah begitu kuasanya Allah menciptakan makhluk itu. Dan itu belum seberapa dari kuasa Allah Subhanahu Wataala Maka sebaiknya kita takut itu harus kepada yang menciptakan makhluk tersebut. Dari sinilah kita banyak mendapatkan ilmu dan bisa berbagi ilmu apabila kita menyikapi dengan baik dan positif.

            Kita dari bulan Maret dikejutkan dengan ujian ini sampai sekarang sudah bulan juni masih belum hilang covid-19 dari permukaan bumi ini .Sehingga pembelajaran dialihkan dengan belajar berbasis Online  sehingga orang tua siswa pun ada yang merasa keberatan dengan belajar online ini karena kendalanya belum memiliki HP android. Pembelajaran seperti ni tidak terpikirkan sebelumnya karena situasi covid-19 inilah yang menuntut kita untuk belajar dirumah, bekerja di rumah bahkan beribadah dirumah  Alhamdulillah situasi ini bisa mendekatkan dengan anggota keluwarga  kita selaku para orang tua  bisa lebih  dekat dengan anak-anak membimbing belajar anak di rumah, padahal  yang selama ini saya rasakan kurang dekat dengan anak-anak karena dengan kesibukan  bekerja diluar rumah sore hari baru ketemu anak. Bisa belajar hidup bersih, suci, menjaga jarak terutma dengan bukan mahrom   sesuai dengan yang diperintahkan agama Islam.

Para peserta didik dari mulai PAUD/TK sampai perguruan tinggi semua belajar online /daring dengan berbagai aflikasi diantaranya Zoom, google classroom,webex, WA dan sebagainya. Bahkan sampai PAT pun dilaksanakan dengan onlie. Para  guru menyiapkan materi soal untuk pelaksanaan PAT online.

Kepada para peserta didik untuk menyiapkan HP android atau laptop dengan kuotanya, gmailnya yang aktif bahkan suruh mencari tempat yang aman dan kuat signalnya agar saat mengerjakan PATnya lancar dan ketika mengirimkannya juga  lancer.Para wali kelas meninformasikan untuk melihat nomor peserta PATnya masing-masing ,mengsharekan jadwal PAT.

            Pelaksanan PAT dimulai dari tanggal 8 juni sampai 13 juni 2020 .Lima belas menit sebelum pelaksanan PAT wali kelas mengabsen para peserta didik yang mengikuti PAT online dengan mengisi list, mengsharekan absen,,merekap absen, mengsharekn token  dari panitia untuk setiap mata pelajaran yang diujikan, bahkan para gurunya juga menjadi pengawas PAT online dan   mengisi absen kehadiran pengawas. Selama pelaksanan PAT online ada beberapa siswa yang mengalami kendala ada yang tidak  bisa  masuk link, ada yang masuk ke  gmail temannya, ada yang saat mengirimkan signalnya lemah akhirnya hasilnya tidak terkirim . Tapi semua itu bisa diatasi dengan baik, panitiya juga memberikan PAT online susulan. Alhamdulillah PAT sampai hari terakhir bisa berjalan dengan baik dan lancar. Dari sinilah kita bisa belajardari pengalaman yang paling berharga ini bisa berbagi ilmu terutama yang banyak menguasai IT semoga Allah Subhanahu Wataala dapat membalasnya  dan  semoga ujian ini  dapat menggugurkan  dosa-dosa  kita semua serta menjadikan kita orang–orang yang bersabar dan bersyukur kepada Allah SubhanahuWataala  aamiin yaa robbal alamiin  semoga tulisan ini bermanfaat.

Wassalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh

 

                                                                                                            By.Iroh Rohayati,S.Ag

Unidha SMP Negeri 3 Cibadak adalah salah satu sekolah negeri yang ada di kecamatan Cibadak yang berdiri sejak tahun 1999 yang asalnya merupakan sekolah kelas jauh dari SMPN 1 Cibadak. Lokasi dan gedungnya merupkan hibah dari STM Pertanian (SMKN 1 Cibadak)
Copyright © 2016 - 2020 © SMPN 3 Cibadak Citaidola. All Rights Reserved. Alamat : Jl. Raya Karang Tengah No. 691 Kec. Cibadak, Alamat Email: info@smpn3cbd-citaidola.sch.id , Nomor Telp (0266) 531115; 531536 Nomor Fax :(0266) 531536 Nomor HP Sekolah : 085721571761. Follow SMPN 3 Cita Idola : Facebook Twitter Linked Youtube