header-int

PAT ON LINE COVID 19 PERCEPAT DUNIA PENDIDIKAN ERA DIGITAL

Jumat, 21 Agu 2020, 10:08:44 WIB - 93 View
Share
PAT ON LINE COVID 19 PERCEPAT DUNIA PENDIDIKAN ERA DIGITAL

Penilaian Akhir Tahun merupakan bagian dari serangkaian penilaian yang dilakukan terhadap peserta didik. Sebagai bagian dari penilaian tentu saja penting untuk dilaksanakan oleh satuan pendidkan. Namun, dalam kondisi tanggap darurat Covid 19 dengan kebijakan PSBB (pembatasan Sosial Berskala Besar) yang diterapkan pemerintah provinsi tentu ini memberikan pengaruh terhadap pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun. Hal ini terutama, sejak dikeluarkannya Surat Edaran No 15 Tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan pendidikan belajar dari rumah. Pentingnya pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun terhadap peserta didik meskipun dalam masa tanggap darurat Covid 19, membuat satuan pendidikan terutama SMP Negeri 3 Cibadak tetap melaksanakan kegiatan PAT dengan alternatif sistem on line. Tentu pelaksanaan ulangan dengan sistem on line bukan lagi menjadi hal baru bagi pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SMPN 3 Cibadak karena beberapa guru dan siswa pernah melaksanakan ulangan on line, baik itu ulangan harian maupun Penilaian Tengah Semester di sekolah. Namun, menjadi hal baru ketika pelaksanaan kemudian dilakukan secara on line dari rumah masing-masing peserta didik, dimana guru membimbing siswa pun secara on line. Selain itu, pelaksanaan dengan jumlah siswa yang besar pun menjadi tantangan tersendiri. Ketika ulangan harian on line di sekolah, guru melaksanakan perkelas, namun untuk Penilaian Akhir Tahun jelas akan berbeda. Kegiatan dilakukan secara serentak dalam waktu yang bersamaan bagi sekitar 248 siswa kelas 7 dan 281 siswa kelas 8.

Sebagai seorang guru mata pelajaran pelaksanaan ulangan on line menjadi pengalaman yang berharga karena ada ilmu baru yang didapat yaitu bagaimana membuat soal untuk ulangan dalam bentuk on line melalui google form. Selain itu sebagai bagian dari kepantiaan PAT On Line, tentu menjadi pengalaman yang tidak terlupakan karena segala persiapan administrasi untuk kegiatan Penilaian Akhir Tahun agak berbeda dengan PAT paper and pencil. Beberapa minggu sebelum pelaksanaan PAT On Line, kami panitia mendapatkan bimbingan dari pak Iwan Sumantri, S.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum tentang bagaimana pelaksanaan kegiatan PAT On Line serta hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan. Disinilah ilmu baru bertambah ketika beliau dengan sabar membimbing kami panitia untuk membuat bebagai administrasi PAT On Line yang administasinya pun on line. Cara membuat daftar hadir On Line, membuat link serta merekap berbagai hasil dari kegiatan PAT On Line. Mengingat ini merupakan hal yang baru maka sosialisasi kegiatan ini dilakukan secara terus- menerus. Terutama kepada peserta didik dan orang tua, mengenai teknis pelaksanaan PAT On Line. Sebagai wali kelas, hal pertama yang harus diakukan terutama adalah mengecek kesiapan peserta didik dan orang tua dengan sarana dan pra sarana, baik itu berupa laptop, handphone, kuota bahkan diingatkan terus menerus mengenai pentingnya mencari tempat dengan sinyal yang stabil.

PAT On Line dilaksanakan dari 8 Juni 2020 hingga 13 Juni 2020, selama pelaksanaan ada dua peran yang dilaksanakan yaitu sebagai panitia dan sebagai wali kelas ( pengawas) untuk kelas 7F. sejak pukul 06.45 wib sudah harus siap dengan handphone terutama mengecek kesiapan kelas 7F untuk jadwal ujian setiap harinya. Sekitar pukul 7 mulai mengirimkan link untuk daftar hadir siswa maupun pengawas. Kesibukan dimulai ketika nomor token untuk mata pelajaran mulai dikirimkan ke grup kelas. Beberapa mengalami kesulitan masuk link dengan bebagai hal, mulai dari lupa e-mail, lupa no peserta, salah masuk kelas hingga salah memasukkan angka no peserta didik mungkin karena terlalu tegang. Tidak hanya di grup kelas namun “keramaian” pun mulai terjadi di grup wali kelas, dimana sebagai panitia harus siap merespon pertanyaan maupun tanggapan. Dari mulai jenis pertanyaan kebingungan sampai pertanyaan kelucuan yang cukup menghibur disela pekerjaan merekap daftar hadir seluruh peserta PAT On Line dan daftar hadir pengawas kelas 7 dan kelas 8.

Pengalaman kegiatan PAT On Line ini menjadi pengalaman baru yang penuh dengan ilmu. Hal yang dianggap tidak mungkin ternyata jika diawali dengan niat optimis Alhamdulillah akhirnya bisa dilakukan. Alhamdulillah kegiatan PAT On Line berjalan dengan lancar hingga di hari akhir pelaksanaan. Tentu dengan dukungan bapak kepala sekolah dan semangat dari seluruh tenaga pendidik dan kependidikan SMPN 3 Cibadak, seluruh siswa kelas 7 dan 8 dan tentu saja orang tua/wali yang telah mendampingi putra-putrinya selama pelaksanaan PAT On Line. Melalui Penilaian Akhir Tahun di masa tanggap darurat Covid 19, memberikan hikmah tersendiri bahwa belajar ilmu baru itu mudah jika kuncinya ada kemauan, mau bisa maka akan terbiasa. Covid 19 membuat semua pihak akhirnya berada pada dunia pendidikan dengan percepatan era digital.

 

by. Imas Mutiara,S.Pd

Unidha SMP Negeri 3 Cibadak adalah salah satu sekolah negeri yang ada di kecamatan Cibadak yang berdiri sejak tahun 1999 yang asalnya merupakan sekolah kelas jauh dari SMPN 1 Cibadak. Lokasi dan gedungnya merupkan hibah dari STM Pertanian (SMKN 1 Cibadak)
Copyright © 2016 - 2020 © SMPN 3 Cibadak Citaidola. All Rights Reserved. Alamat : Jl. Raya Karang Tengah No. 691 Kec. Cibadak, Alamat Email: info@smpn3cbd-citaidola.sch.id , Nomor Telp (0266) 531115; 531536 Nomor Fax :(0266) 531536 Nomor HP Sekolah : 085721571761. Follow SMPN 3 Cita Idola : Facebook Twitter Linked Youtube