header-int

PKKS Di S3 CERIA BERBUDI

Jumat, 22 Jan 2021, 18:11:20 WIB - 211 View
Share
PKKS Di S3 CERIA BERBUDI

Cibadak- 21 Januari 2021. Bertempat di Ruang Kelas 8DE sesuai dengan jadwal dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi telah dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (H.Mochamad Soleh,S.Pd.M.MPd). Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2017 dan Permendikbud No 6 Tahun 2018 serta Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan  No 26017/B.B1.3/HK/2018 tentang Petunjuk teknis penunjukan guru sebagai kepala sekolah (khususnya lampiran 4).

Dalam peraturan tersebut ada tiga istilah terkait dengan penilaian tugas kepala sekolah yaitu penilaian prestasi kerja, penilaian kinerja dan uji kompetensi kepala sekolah.

Pelaksanaan PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) di SMPN 3 Cibadak berjalan lancar. Tim Penilai (Observer) adalah Bapak Pengawas Pembina (Bapak Ayi Hermawan, S.Pd.M.M.Pd). Penilaian dilakukan dengan mengacu pada lembar penilaian kinerja kepala sekolah yang mengacu pada Permendikbud No.15 Tahun 2018 tentang beban kerja kepala sekolah.

Ada 145 butir komponen yang harus dipenuhi dengan bukti fisik yang harus dilengkapi oleh kepala sekolah.

1. Komponen Manajerial (dengan 17 bukti fidik yang harus dilengkapi)

2. Pengelolaan Standar Nasional Pendikan

    a. Kepala sekolah melaksanakan dan mencapai SKL

    b. Kepala sekolah melaksanakan dan mencapai SI

    c. Kepala sekolah melaksanakan dan mencapai Standar Proses

    d. Kepala sekolah melaksanakan dan mencapai Standar Penilaian Pendidikan

    e. Kepala sekolah melaksanakan dan mencapai Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

    f. Kepala sekolah melaksanakan dan mencapai Standar Sarana Prasarana

    g. Kepela sekolah melaksnakan dan mencapai Standar Pengelolaan

    h. Kepala sekolah melkasanakan dan mencaiap Standar Pembiayaan

3.  Pengawasan dan Evaluasi

4. Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIM)

5. Pengembangan Kewirausahaan

6. Pelaksanaan Guru dan tenaga Kependidikan

Dari butir diatas yang harus dilengkapi, alhamdulilah semua komponen terlengkapi dengan bukti fisik yang ada. 

Kegaitan di mulai dengan acara pembukaan, pembacaan doa, sambutan dari kepala sekolah, ketua komite dan pembukaan secara resmi oleh Pengawas Pembina. Sebelum kepemeriksaan bukti fisik, kepala sekolah (H.Mochamad Soleh,S.Pd.M.Pd) menyampaiakan dan mempresentasikan Best Practicenya yang berjudul  Kepemimpinan Humanistik Dan Suportif (HMS) Dalam Meningkatkan Prestasi Dan Eksistensi Sekolah Di Tengah Covid-19.

Berikut sekilar rangkuman Best Practicenya : 

Best Practice ini merupakan kegiatan nyata yang telah dilakukan oleh kepala sekolah dalam bidang pengembangan sumber daya sekolah yang berjudul ” Kepemimpinan Humanistik dan Suportif (HMS) dalam Meningkatkan Prestasi dan Eksistensi Sekolah di tengah Pandemi Covid-19”. Best Practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan:

  1. Pelaksanaan HMS untuk menumbuhkan kesadaran warga sekolah dalam mendukung pelaksanaan program sekolah di tengah pandemi covid-19
  2. Kesadaran warga sekolah untuk berkarya setelah diterapkan HMS di tengah pandemi covid-19
  3. Peningkatan motivasi pendidik dan tenaga kependidikan dalam pengembangan diri setelah diterapkan HMS di tengah pandemi covid-19
  4. Meningkatkan prestasi dan eksistensi sekolah di tengah pandemi covid-19

Pelaksanaan HMS melibatkan seluruh warga SMPN 3 Cibadak Kabupaten Sukabumi. Strategi pelaksanaan HMS merupakan penjabaran dari akronim; (1) Kepala sekolah melakukan pendekatan kepada warga sekolah dengan menerapkan gaya kepemimpinan Humanistik (HM), (2) Kepala sekolah secara Suportif (S) memberikan motivasi kepada warga sekolah untuk selalu eksis dan berprestasi walau di tengah pandemi covid-19, (3) Mengkondisikan dan memfasilitasi warga sekolah di tengah pandemi covid-19 dengan berbagai kegiatan positif secara profesional. Instrumen yang digunakan pada best practice ini adalah Instrumen penilaian kinerja kepala sekolah terhadap kualitas motivasi kerja, prestasi pendidik dan tenaga pendidikan. Hasil best practice menunjukkan peningkatan motivasi, prestasi warga sekolah dan eksistensi sekolah walaupun di tengah pandemi Covid-19. Kepala sekolah menyimpulkan bahwa HMS dapat menumbuhkan motivasi warga sekolah, serta dapat meningkatkan prestasi dan eksistensi sekolah di tengah pandemi covid -19.

Kegiatan PKKS diakhiri dengan refleksi hasil pemeriksaan bukti fisik oleh Bapak Pengewas Pembina selaku observer dan penilai PKKS tahun 2021.

Video PKKSSMPN 3 Cibadak  Kamis, 21 Januari 2021

 

Album Kegiatan PKKS lengkap ada disini ! 

 

(Guru Ataya 2021)

Unidha SMP Negeri 3 Cibadak adalah salah satu sekolah negeri yang ada di kecamatan Cibadak yang berdiri sejak tahun 1999 yang asalnya merupakan sekolah kelas jauh dari SMPN 1 Cibadak. Lokasi dan gedungnya merupkan hibah dari STM Pertanian (SMKN 1 Cibadak)
Copyright © 2016 - 2021 © SMPN 3 Cibadak Citaidola. All Rights Reserved. Alamat : Jl. Raya Karang Tengah No. 691 Kec. Cibadak, Alamat Email: info@smpn3cbd-citaidola.sch.id , Nomor Telp (0266) 531115; 531536 Nomor Fax :(0266) 531536 Nomor HP Sekolah : 085721571761. Follow SMPN 3 Cita Idola : Facebook Twitter Linked Youtube