header-int

PATO (PENILAIAN AKHIR TAHUN ONLINE)

Selasa, 18 Agu 2020, 07:05:39 WIB - 129 View
Share
PATO (PENILAIAN AKHIR TAHUN ONLINE)

Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah salah satu kegiatan sekolah yang dilaksanakan sebelum pergantian tahun pelajaran baru, sebagai evaluasi kemampuan peserta didik setelah mendapatkan pembelajaran selama satu tahun (2 semester). PAT juga dilaksanakan sebagai salah satu kriteria untuk menentukan apakah seorang peserta didik layak atau tidak naik ke tingkat kelas yang lebih tinggi. Selain untuk menilai kemampuan peserta didik, PAT juga dapat dijadikan bahan evaluasi bagi guru mata pelajaran apakah metode pembelajaran yang selama ini dilakukan sudah mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik atau belum (jika nilainya dibandingkan dengan semester ke-1).

Apa yang berbeda pada PAT tahun pelajaran 2019/2020? Yang berbeda adalah tambahan huruf O di belakang huruf T, PATO (penilaian akhir tahun online). Khusus dilaksanakan tahun ini sebagai bukti usaha nyata pendidik, tenaga kependidikan, serta kepala sekolah SMP Negeri 3 Cibadak untuk tetap memberikan pelayanan terbaik pada peserta didik selama pandemi covid-19 ini, serta sebagai titik kulminasi proses pembelajaran online yang telah berlangsung sejak 16 Maret 2020 ini. Selain namanya, beberapa hal dalam PATO ini berbeda dengan PAT biasa yang dilakukan secara tatap muka dengan peserta didik. Beberapa perbedaan yang terjadi diantaranya:

  1. PATO menggunakan media google form sebagai tempat untuk membagikan soal, daftar hadir peserta PAT, serta daftar hadir pengawas.
  2. Soal yang dibagikan memiliki fitur yang dilengkapi dengan kemunculan dan penghitungan nilai yang diperoleh peserta didik secara langsung, tepat setelah peserta didik menyelesaikan semua soal yang ada, dan mengklik tombol kirim.
  3. Pengawas (dalam hal ini para wali kelas) tidak memantau secara langsung jalannya PAT yang dilakukan peserta didik, tapi melalui media group WA yang sudah dikelola wali kelas sejak awal tahun pelajaran 2019/2020.
  4. Para guru mata pelajaran diberi keuntungan dengan kemudahan tidak perlu memeriksa jawaban peserta didik untuk mendapatkan nilai, karena ggogle form sudah langsung memunculkan nilai masing-masing peserta, lalu direkap oleh panitia PATO dan disebarkan langsung ke guru mata pelajaran yang bersangkutan.
  5. PATO meminimalisir penggunaan kertas dan ATK lain karena dilakukan secara online, hal ini tentu saja lebih ekonomis dan lebih praktis jika dibandingkan dengan PAT yang biasa dilakukan secara langsung.

Selain berbagai kelebihan, tentu ada juga kekurangan dalam pelaksanaan PATO ini, diantaranya adalah adanya indikasi peserta didik yang selama mengerjakan soal menggunakan alat bantu berupa buku atau google sebagai media pencarian jawaban, peserta didik melakukan PATO secara berkelompok sehingga nilai PATO yang didapatkan secara umum berada pada kisaran tinggi. Tetapi hal ini ditanggulangi guru mata pelajaran dengan pemberian nilai akhir rapor bukan hanya dari nilai PATO, melainkan digabungkan dengan nilai harian. Beberapa kendala lain juga terjadi pada PATO tahun ini seperti kendala jaringan, dan kendala beberapa peserta didik yang kesulitan mengerjakan karena terlambat/tidak memiliki kuota internet.

Berbagai kesan tentu dirasakan oleh peserta didik, karena PAT online  tahun ini adalah perngalaman pertama mereka dalam menempuh ujian menggunakan media online. Berikut ini beberapa kesan dan pesan yang dirasakan oleh peserta didik selama PAT online, khususnya untuk mata pelajaran IPA.

  1. Kesan dan Pesan dari Putri kelas 8E:

Kesan: Belajar di rumah lebih santai,ketegangan dalam mengisi pertanyaan juga berkurang. Namun nilai yang di dapat tidak murni, siswa tersebut bisa saja melihat pada buku,bertanya kepada orang disekitarnya,dan berbagai media lainnya. Bisa saja itu membuat kemampuan siswa dalam menghafal dan meningkatkan daya ingat berkurang.

Pesan: kemampuan ekonomi keluarga siswa berbeda-beda,ulangan online memerlukan porsi biaya yang lebih,apalagi di masa pandemi ini. Saya harap wabah ini segera berakhir,agar dapat bersekolah seperti semula.

  1. Kesan dan Pesan dari Fika kelas 8D:

KESAN: Secara pribadi saya senang sekali bisa melaksanakan Pat secara online karena hanya membutuhkan waktu lebih sedikit dari Pat yg biasanya di laksanakan di sekolah,namun di sisi lain saya sedih karna tidak bisa bertemu teman-teman sekelas.Sebagian besar mungkin ada yang suka dan tidak suka tentang PAT online ini. Namun, keadaan membuat kita harus melaksanakan semuanya di rumah. Mulai dari belajar, bekerja, dan beribadah serta harus melaksanakan PAT secara online. Itu semua demi saling melindungi dan menghentikan penyebaran virus corona ini. Tenanglah.. ini semua hanya cobaan sementara yang sedang diberikan ALLAH SWT kpd kita semata mata untuk menguji seberapa besar kesabaran dan ketabahan para umat -Nya.

PESAN : Kita harus selalu megikuti arahan yang diberikan pemerintah, dgn melaksanakan semuanya di rumah. Memang ini berat, tapi ini semua demi membasmi dan menghentikan virus corona itu. PAT online yg diadakan di rumah, jangan malah membuat kita malas utk belajar. Kita harus bersyukur telah diberi kemudahan dgn melaksanakan PAT online ini di rumah.

Kejadian lucu yg saya alami : ketika saya sedang melakukan Pat online hari ke-4 tiba-tiba kuota saya habis dan terpaksa saya harus menghospot ke ibu saya

  1. Kesan dan Pesan dari Ikmal kelas 8E:

Kesan:

  • PAT kali ini menjadi sejarah buat saya karena belajarnya  di rumah dan jauh dari para guru dan mengerjakan PAT nya di tengah-tengah pandemi Covid-19.
  • Menurut saya cara masuk ke soalnya cukup menyenangkan karena para siswa /siswi harus mengisi  data mereka lagi setip ganti mata pelajaran.
  • Soal-soalnya nya cukup mengasah otak terutam mata pelajaran MTK ,B.INDO,dan IPA

Pesan:

  • kami belajar di rumah dengan menggunakan hp,computer,dan sebagainya .Tapi,harus memakai kuota internet dan bagaimana dengan teman saya yang tidak bisa membeli nya??
  • saya harap bisa belajar dengan tidak menap hp ataupun computer lama-lama.
  • saya ingin mengerjakan ulangan bersama-sama lagi tidak dengan hp, dan saya ingin belajar di sekolah lagi.
  1. Kesan dan Pesan dari Zahra kelas 8D

Pesan : kita dapat mengifisiensi waktu karena bisa mengerjakan soal-soal secara santai dan tidak terburu-buru.Dengan adanya pembelajaran online PAT ini membuat siswa-siswi mendapat nilai diatas rata-rata karena setiap pembelajarnya bisa melihat buku-buku yang sudah dicatat.PAT kali ini sedikit menarik karena bisa melihat nilainya langsung,jadi bilamana waktu tersisa panjang kita bisa gunakan waktu itu untuk membatu pekerjaan rumah.Kelebihan dari pembelajaran online ini membuat kita jadi lebih dekat dengan keluarga dan kekurangannya terkadang kita belum memahami tugas yang diberikan ssehingga binggu untuk mengerjakannya.

Kesan : sedih karena tidak bisa bertemu teman-teman disekolah seperti biasanya.Belajar disekolah memanglah seru dibandingkan dengan dirumah.Semoga virus ini segera selesai dan bumi kembali normal agar kita semua bisa mengikuti pelajaran seperti biasanya tanpa ada hampatan apapun dan PAT normal secara kertas.

  1. Kesan dan pesan dari Istya kelas 8E:

Kesan dan pesan Istya selama PAT online mata pelajaran IPA adalah :

-Kesan : Karena baru pertama kali mengikuti ujian berbasis online ini dan dirumah aja cukup membuat saya terkagum-kagum karena sekarang sudah mulai canggih, dan cukup praktis juga walaupun membutuhkan koneksi internet yang bagus. Kinerja para guru yang membantu pun cukup bagus, mulai dari tepatnya memberi kode soal ulangan walaupun telat paling saja hanya beda beberapa menit. Soal-soal dalam ulangannya pun semua sudah dipelajari, baik disekolah maupun dirumah.

-Pesan : Waktu melaksanakan ulangan IPA saya sedikit mempunyai kendala dalam memilih opsi pilihan ganda, disana hanya tertera 3 opsi saja yang seharusnya 4 opsi dan opsi yang benar itu hilang tetapi setelah mengirim jawaban opsi tersebut terlihat dan jawaban saya pun salah. Pesannya semoga dikemudian hari kejadian ini tidak terulang.

 

  1. Kesan dan pesan dari Huzaimah kelas 8D:

Saya sebagai siswa SMPN 3 Cibadak ingin memberikan kesan dan pesan saat melaksanakan PAT sekolah.

Kesan nya sangat menarik, walaupun melalui online tetapi tetap sama seperti mengerjakan disekolah, web online nya pun sangat bagus dan mudah dipahami cara pengerjaan nya oleh siswa, hanya yang membedakan nya adalah menggunakan handphone atau laptop tidak menggunakan kertas biasa. Terutama pelajaran pelajaran yang saya sukai seperti IPA, Matematika dan lain nya, khusus nya IPA. Pada saat saya mengejakan PAT IPA soal-soal nya mudah di pahami karena sebelum nya sudah di jelaskan oleh guru mapel IPA dengan jelas dan detail kepada siswa pada saat belajar dirumah.

Pesan nya walaupun nanti sudah tidak ada pandemi menurut saya selaku siswa belajar dengan online nya jangan di hentikan karena agar mengurangi penggunaan kertas dan juga sangat menambah wawasan terhadap siswa sendiri bagaimana menggunakan pembelajaran online.

PAT online tahun ini memberi warna tersendiri pada peserta didik, juga tentunya pada guru dan panitia. PAT tahun ini merupakan bukti kerja keras dan kerjasama keluarga S3 untuk senantiasa bertahan dan tetap melakukan yang terbaik dalam keadaan apapun. Semoga, ada atau tidak ada pandemi covid-19 nanti, PAT online ini tetap bisa menjadi salah satu alternatif untuk melakukan evaluasi dalam menilai kompetensi peserta didik. Pada akhirnya, doa yang selalu kita panjatkan bersama adalah: semoga pandemi ini segera berakhir, dan kita semua bisa berkumpul dan beraktivitas dengan tenang dan damai seperti sedia kala. Aamiin yra…

By. Riony Rahayu,M.Pd

Unidha SMP Negeri 3 Cibadak adalah salah satu sekolah negeri yang ada di kecamatan Cibadak yang berdiri sejak tahun 1999 yang asalnya merupakan sekolah kelas jauh dari SMPN 1 Cibadak. Lokasi dan gedungnya merupkan hibah dari STM Pertanian (SMKN 1 Cibadak)
Copyright © 2016 - 2020 © SMPN 3 Cibadak Citaidola. All Rights Reserved. Alamat : Jl. Raya Karang Tengah No. 691 Kec. Cibadak, Alamat Email: info@smpn3cbd-citaidola.sch.id , Nomor Telp (0266) 531115; 531536 Nomor Fax :(0266) 531536 Nomor HP Sekolah : 085721571761. Follow SMPN 3 Cita Idola : Facebook Twitter Linked Youtube