header-int

PAT ONLINE KENAPA TIDAK?

Selasa, 18 Agu 2020, 06:07:51 WIB - 211 View
Share
PAT ONLINE KENAPA TIDAK?

Tahun ini pelaksanaan PAT (Penilaian Akhir Tahun) tahun pelajaran 2019/2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena masih dalam masa pandemi covid-19, beberapa kabupaten dan kota masih melaksanakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Oleh karena itu kegiatan PAT (Penilaian Akhir Tahun) yang biasanya dillaksanakan dikelas, tetapi PAT kali ini dilaksanakan secra online atau daring (dalam jaringan) di rumah masing-masing menggunakan smartphone, tablet, laptop dan komputer yang terkoneksi dengan internet. Sesuai dengan jadwal pelaksanaan PAT (Penilaian Akhir Tahun) dilaksanakan mulai hari senin tanggal 8 Juni 2020 dan berakhir pada tanggal 13 Juni 2020.

            Ditengah pandemi covid-19, Akhirnya SMPN 3 Cibadak melaksanakan PAT (Penilaian Akhir Tahun) secara online dengan menggunakan aplikasi google formulir. Beberapa kendala yang dihadapi saat PAT online seperti

  1. Siswa tidak memiliki perangkat untuk mengerjakan soal online
  2. Siswa tidak memiliki kuota internet saat mengerjakan soal online
  3. Siswa tidak bisa mengerjakan karena akses internet yang lemot atau lemah
  4. Siswa tidak bisa mengerjakan karena tiba-tiba HP error atau ruksak
  5. Siswa bangun kesiangan sehingga tidak bisa mengerjakan pada saat soal sudah ditutup sesuai jadwal
  6. Siswa tidak bisa membuka soal online terkendala teknis seperti web browser yang tidak bisa membuka, tampilan tidak utuh dan lain sebagainya.

Tetapi itulah dinamika dan pengalaman yang tidak akan ada saat pelaksanaan PAT.

            Selama pelaksanaan PAT online wali kelas lah yang memantau / mengawasi secara online melalui whatsapp grup kelas, grup whatsapp ini layaknya kelas saja, sebagai wali kelas tentunya memberikan aturan, arahan dan petunjuk, bahkan jauh-jauh hari mengingatkan akan adanya PAT secara online ini, namun permasalahan pada saat pelaksanaan ada saja, permasalahann ini tentunya membuat panik siswa, lain hal dengan wali kelas yang mengawasi melihat berbagai permasalahan siswa, dibalik memberikan atau menjawab berbagai  masalah yang terajadi menjadikan tersenyum dibuatnya, ada kelucuan dari tingkah siswa.

Selama pengawasan, tiba-tiba ada siswa yang bertanya, bu.. punya saya gangguan log out sendiri, bu.. saya tidak bisa masuk, bu.. mungkin salah memasukan paswordnya, ada juga siswa yang belum memulai bahkan belum mencoba membuka linknya, sudah pasrah dengan mengira signal jaringannya  buruk atau jelek dan meminta untuk ikut susulan, ada juga siswa yang bertanya dengan pertanyaan yang sama dengan pertanyaan siswa sebelumnya karena permasalahan yang dialaminya sama, membuat grup kelas ramai komentar, yang harusnya tida=k dipertanyakan lagi, bisa dibayangkan kalau pengawasan di dalam kelas itu mungkin ricuh dengan komentar-komentarnya, sebagai pengawas melayaninya dengan sabar.

            Bukan dari siswa saja cerita selama PAT berlangsung, sebagai pengawas bertugas memberi pasword/token 5 menit sebelum pelaksanaan dimulai, pernah terjadi keterlambatan mengshare pasword/token di jam kedua, alasan sepele LUPA, konsentrasi dengan kerjaan lagi merekap daftar siswa yang mengikuti/ mengerjakan soal di jam pertama, disitulah siswa teriak teriak di grup kelas menanyakan, bu,, mana token, bu,, paswordnya mana...? terbayang dong ya kalau grup kelas itu realitanya kelas sehari hari kita ngajar, mungkin teriakan siswa terdengar ke kelas lainnya karena keterlambatan pengawas datang ke kelas membagikan soal.

            Penilaian online dengan aplikasi memiliki dampak positif sangat membantu guru, karena hasil jawaban soal pilihan ganda langsung bisa diketahui oleh siswa dan guru. Lebih efektif dan efesien dalam pelaksanaannya. Di pihak siswa juga lebih senang menggunakan tes online pakai android. Walaupun ada dampak negatifnya yaitu kelancaran siswa menjawab soal tergantung dari bagus dan buruknya signal telepon selulernya, ada yang pakai hotspot milik temannya. bahkan ada yang Hpnya trouble sehingga pinjem seluler temennya, ada juga siswa yang tidak punya HP, sehingga harus meminjam HP saudaranya, sementara rumahnya berjauhan sehingga terpaksa harus menginap selama pelaksanaan PAT di rumah saudaranya itu. Jadwal pelaksanaan PAT waktunya habis, ternyata masih ada satu siswa yang telepon selulernya bermaslah, sehingga terpaksa harus mengerjakan sendiri diluar jam PAT yang telah ditentukan, mengikuti PAT susulan. Alhamdulillah PAT akhirnya dapat terlaksana.

By : DH

Unidha SMP Negeri 3 Cibadak adalah salah satu sekolah negeri yang ada di kecamatan Cibadak yang berdiri sejak tahun 1999 yang asalnya merupakan sekolah kelas jauh dari SMPN 1 Cibadak. Lokasi dan gedungnya merupkan hibah dari STM Pertanian (SMKN 1 Cibadak)
Copyright © 2016 - 2021 © SMPN 3 Cibadak Citaidola. All Rights Reserved. Alamat : Jl. Raya Karang Tengah No. 691 Kec. Cibadak, Alamat Email: info@smpn3cbd-citaidola.sch.id , Nomor Telp (0266) 531115; 531536 Nomor Fax :(0266) 531536 Nomor HP Sekolah : 085721571761. Follow SMPN 3 Cita Idola : Facebook Twitter Linked Youtube