large image
Pramuka dapat tempat lagi di sekolah-sekolah
Kategori Berita | Diposting pada : 2016-04-02 -|- 04:29:00 oleh Admin
Share this article on

Pramuka dapat tempat lagi di sekolah-sekolah. Ini lah yang sekarang sedang ramai-ramainya di bicarakan. Sebab kurikulum 2013 mewajibkan kegiatan ekstrakurikuler wajib adalah pramuka. Jadi tak aneh jika pembinaan Karakter Bangsa Salah satunya melalui gerakan Kepramukaan di seklah-sekolah. 


Kegiatan kepramukaan di Indonesia dewasa ini berkesan statis atau mengalami kelesuan. Hal ini di akibatkan kegiatannya nampak rutin dan banyak pilhan kegiatan ekstrakurikuler lain bagi murid atau remaja. Untuk itu pemerintah lewat bapak Presiden mencanangkan revitalisasi Gerakan pramuka yang di gulirkan sejak tahun 2006. Dan hasilnya keluarlah Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.


Sejalan dengan program revitalisasi dengan fokus pemberdayaan gugus depan, pada tahun 2011 Bidang Pendidikan,Pelatihan dan Penelitian Kwartir Nasional telah berhasil melakukan penyempurnaan program-program pendidikan peserta didik dan tenaga pendidik, serta perumusan standarisasi satuan pendidikan melalui instrumen akreditas. Bidang Pendidikan,Pelatihan dan Penelitian telah berhasil melalukan penyempuranaan program-program pendidikan dan latihan, diantaranya: 1)kurikulum bagi peserta didik;2) Kurikulum bagi tenaga pendidik dan anggota dewasa serta; 3) Instrumen penelitian,akreditas dan sertifikasi.


Terlepas dari hal diatas, sebenarnya pramuka telah punya andil besar buat negeri ini dalam menyiapkan generasi muda yang punya keberanian berinisitif dan kecerdasan dalam non akademik. Disela-sela luntur dan erosi mengenai karakter bangsa Mendikbud melalui kurikulum 2013 nya mewajibkan Pramuka menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang wajib di laksanakan di setiap sekolah penyelenggara kurikulum tersebut. Ini bukti bahwa pendidikan kerpramukaan  adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengalaman nilai-nilai kepramukaan.


Berdasarkan pengalaman saya sebagai anggota pramuka sejak bangku SD (1976) sampai dengan sekarang menjadi pembina pramuka di gugus depan SMP Negeri 3 Cibadak, setuju tidak setuju, pramuka telah membentuk karakter dan kepribadian seseorang ( saya dan mantan-mantan murid yang pernah masuk anggota pramuka).


Jika kita menghayati dan mengamalkan tujuan pramuka yaitu untuk membentuk setiap peserta didik yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.


Jika kita menghayati dan mengamalkan tujuan pramuka yaitu untuk membentuk setiap peserta didik yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.



1. Setiap Peserta didik begitu masuk sudah harus menjaga kode kehormatan pramuka berupa janji dan komitmen diri yaitu Satya Pramuka dan Darma Pramuka.


Satya Pramuka:


Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, menolong sesama hidup, ikut serta membangun masyarakat, serta menepati Darma Pramuka


Darma Pramuka berbunyi Pramuka itu :



  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

  3. Patriot yang sopan dan kesatria

  4. Patuh dan suka bermusyawarah

  5. Rela menolong dan tabah

  6. Rajin,terampil, dan gembira

  7. Hemat,cermat dan bersahaja

  8. Disiplin, berani dan setia

  9. Bertanggungjawab dan dapat di percaya, dan

  10. Suci dalam pikiran,perkataan, dan perbuatan


2) Pada kegiatan pramuka, peserta didik di latih untuk meningkatkan kemampuan spritual, dan intelektual, ketarampilan dan ketahanan diri yang dilaksanakan melalui metode belajar interaktif dan progresif, yang di wujudkan melalui interaksi :



Baca Juga Berita Lainnya
JAJAK PENDAPAT

Bagaimana menurut pendapat anda tentang tampilan website SMPN 3 Cibadak?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Lihat Hasil Polling
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA SEKOLAH TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 596468 user
  • IP address : 54.161.116.225
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :

BLOG GURU S3 CITAIDOLA

SELAYANG PANDANG
GALERI KEGIATAN TERBARU
TEMUKAN KAMI DI FACEBOOK